SHARE

Sekarang beredar kabar bahwa anak dari Denada dan Mantan Suaminya Jerry Aurum yaitu Shakira Aurum terkena penyakit Leukemia. dan saat ini dikabarkan tengah menjalani pengobatan di Singapura selama 1,5 bulan. dan sebelumnya suami dari Ririn Ekawati Meninggal akibat penyakit leukemia atau Kanker darah. Namun Tahukah anda seberapa bahayanya Kanker darah dan ternyata ada penyebab, faktor resiko, ciri-ciri dan tipe Leukemia?

Pahami Tentang Leukemia

Leukemia adalah kanker darah atau kanker sumsum tulang. Sumsum tulang pada fungsinya memproduksi sel darah putih. Leukemia dapat terjadi pada mereka yang mengalami masalah pada produksi sel darah. dimana sumsum tulang memproduksi sel darah putih atau biasa yang disebut leukosit secara berlebihan.

Biasanya orang yang terjangkit penyakit ini terjadi pada umur 55 tahun, namun juga banyak terjadi pada umur 15 tahun. dan setiap tahunnya ada sekitar 3000 anak berusia 15 tahun kebawah terdiagnosa menderita kanker darah atau leukemia.an di Indonesia ada sebanyak 60 % penderita leukemia yang dalam tahap stadium lanjut dan dapat menyebabkan kematian.

Penyebab
Leukemia terjadi ketika DNA sel darah yang belum matang, terutama sel darah putih. Ini menyebabkan sel-sel darah tumbuh dan membelah secara terus menerus, sehingga jumlahnya terlalu banyak atau tidak terkontrol.

Jumlah sel darah putih yang banyak atau tidak normal ini dapat menyebabkan terganggunya sel lain. dan penderita Leukemia akan menunjukan gejala seperti mudah terserang penyakit, anemia serta pendarahan karena kanker darah atau leukemia menyerang tubuh.

Faktor Resiko
Beberapa faktor resiko yang dapat meningkatkan resiko menderita Leukemia.
-Virus, Seperti Human T-lymphotropic Virus (HTLV-1) dan HIV
-Pewarnaan Rambut
-Merokok

Predisposisi genetik: Beberapa orang memiliki risiko lebih tinggi terkena leukemia karena kesalahan pada satu atau beberapa gen.

Down Sindrom : Orang dengan Down sindrom tampaknya memiliki risiko lebih tinggi, mungkin karena perubahan kromosom tertentu.

Ciri Fisik
1.Daya Tahan Tubuh Lemah
Pnetingnya sel darah tubuh karen fungsinya yang menghalau mikroorganisme penyebab infeksi atau racun yang berbahaya untuk tubuh. namun ketika sel darah putih terlalu banyak pada darah hal tersebut dapat melemahkan pertahanan tubuh dan menggangu kerja organ tubuh.

2. Memar Dibagian Perut

Leukimia terbentuk pada daerah sekita liver dan limfa kecil. karenanta perkembangan sel Leukemia dapat membuat organ-organ tersebut membengkak dan memunculkan rasa sakit serta memar pada bagian kiri perut.

 

 

3. Perubahan Warna Kulit
Kulit Menjadi lebih gelasp atau lebih terang dan yang berbeda adalah permukaan kulit menjadi tidak rata. dan jika memiliki luka maka luka tersebut tidak akan cepat sembuh dan cenderung lambat.

4. Perubahan Pada Kuku
Kuku pada penderita Leukemia akan berubah menjadi cokelat atau hitam. sel-sel darah tidak dapat terpompa dnegan baik akibat kanker sehingga tersumbat pada ujung-ujung kuku.

5. Gigi dan Gusi Berdarah

Hal yang paling sering terjadi adalah terjadinya pendarahan pada gusi dan gigi. berbeda dengan pendarahan gusi akibat kekurangan Vitamin C. Pada Leukemia pendarahan pada gusi sulit Untuk Diatasi karena darah sulit membeku akibat kanker darah.

 

 

6. Berat Badan Menurun Drastis
Karena Leukemia dapat menurunkan nafsu makan penderitanya menyebabkan penurunan berat badan yang drastis.

7. Kehilangan Keseimbangan
Penderita Leukemia akan kesulitan untuk menyeimbangkan tubuh mereka ketika berjalan atau berlari karena akan mudah jatuh.

8. Mudah Merasa Lelah
Anda sering merasa lelah walau aktifitas ringan? hal tersebut patut dicurigai sebgai salah satu tanda anda terkena penyakit leukemia.

9. Sering berkeringat Dimalam Hari
Ketika saat malah hari dan jumlahnya sangat banyak meskipun anda menggunakan penyejuk udara? hati-hati gejala tersebut bisa jadi salah satu tanda anda terkena Leukemia.

Tipe Leukemia
Leukemia limfositik dan myelogenous
Leukemia juga diklasifikasikan menurut jenis sel darah yang mereka pengaruhi. Leukemia limfositik terjadi jika perubahan kanker mempengaruhi jenis sumsum tulang yang membuat limfosit. Limfosit adalah sejenis sel darah putih yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh.

Leukemia myelogenous terjadi ketika perubahan mempengaruhi jenis sel sumsum yang terus memproduksi sel darah merah, jenis sel darah putih, dan trombosit.

1.Leukemia limfositik akut (ALL)
Juga dikenal sebagai leukemia limfoblastik akut, ini adalah jenis leukemia yang paling umum terjadi di antara anak-anak. Itu juga bisa menyerang orang dewasa, terutama setelah usia 65 tahun. Di antara anak-anak, tingkat kelangsungan hidup 5 tahun lebih tinggi dari 85 persen.

Subtipe ALL adalah:
-prekursor B leukemia limfoblastik akut
-prekursor T leukemia limfoblastik akut
-Leukemia Burkitt
-leukemia biphenotypic akut

2. Leukemia limfositik kronis (CLL)
Ini paling sering terjadi pada orang dewasa di atas 55 tahun, tetapi orang dewasa yang lebih muda juga dapat terjangkit. Ini adalah jenis leukemia yang paling umum pada orang dewasa, dan jarang terjadi pada anak-anak. Ini lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.

Seseorang dengan CLL memiliki 82 persen yang bertahan hidup 5 tahun setelah diagnosis.

3. Myelogenous leukemia akut (AML)
AML lebih sering terjadi pada orang dewasa dibandingkan pada anak-anak. Itu mempengaruhi pria lebih sering daripada wanita.

Ini berkembang dengan cepat, dan memiliki gejala termasuk demam, kesulitan bernapas, dan nyeri pada persendian. Faktor lingkungan bisa memicu Leukemia jenis ini.

Kemoterapi adalah perawatan utama. dan terkadang transplantasi sumsum tulang dapat direkomendasikan.

4. Leukemia myelogenous kronis (CML)
CML kebanyakan menjangkit orang dewasa. Menurut National Cancer Institute, tingkat kelangsungan hidup 5 tahun adalah 65,1 persen.

Namun, banyak orang dengan CML memiliki mutasi gen yang merespon terhadap terapi kanker yang ditargetkan, yang disebut Gleevec, atau imatinib. Bagi orang-orang yang kankernya rentan terhadap Gleevec, tingkat kelangsungan hidup 5 tahun dapat mencapai 90 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here