SHARE

Kolagen adalah nama umum untuk banyak jenis protein yang mengisi ruang ekstraselular di jaringan ikat. Ini adalah komponen utama jaringan ikat dan terdiri dari hingga 35 persen protein total pada mamalia, menjadikan kolagen protein paling melimpah pada hewan-hewan ini. Nama kolagen berasal dari istilah Yunani “kolla gen,” yang berarti “produksi lem.” Istilah ini mengacu pada pembuatan lem awal dengan merebus kulit dan otot hewan. Kolagen dikenal dengan banyak manfaatnya pada kulit, dimana ia memberi kekuatan dan elastisitas untuk membantu mengurangi munculnya keriput dan garis-garis halus.

Kolagen biasanya berbentuk fibril panjang, terutama pada jaringan ikat fibrosa seperti ligamen, kulit dan tendon. Jenis jaringan tambahan yang mengandung kolagen meliputi tulang, tulang rawan, pembuluh darah, kornea, usus dan gigi. Kolagen juga merupakan komponen utama dari endomisium, lapisan jaringan ikat di otot. Ini menyumbang setidaknya satu persen dari berat jaringan otot pada umumnya, meskipun angka ini meningkat menjadi enam persen untuk otot tendinus.

Fibroblas dan badan selular lainnya menghasilkan serat kolagen, yang biasanya dibentuk menjadi bundel yang ketat. Konstruksi ini memberikan kekuatan tarik kolagen yang besar, membuatnya terutama untuk ligamen dan tendon. Kombinasi kolagen dan keratin juga memberi manfaat pada kulit dengan memberikan elastisitas dan kekuatan, dimana degradasi kolagen dapat menyebabkan kulit keriput. Bentuk kolagen kristal juga digunakan untuk menguatkan kornea mata.

Sumber kolagen laut terutama berasal dari kulit dan sisik ikan, terutama ikan berlemak seperti salmon dan ikan cod. Produk yang mengandung kolagen laut telah umum di Asia untuk beberapa waktu dan sekarang tampil dengan frekuensi yang lebih besar di negara-negara barat. Peningkatan popularitas ini sebagian disebabkan oleh penelitian ilmiah awal yang menunjukkan manfaat kesehatan kolagen laut dalam suplemen makanan.

Penggunaan Kolagen

Penggunaan kolagen Kolaktif yang paling signifikan adalah membantu kesehatan kulit dan mengurangi munculnya garis-garis halus dan keriput. Manfaat kolagen lainnya meliputi kesehatan rambut dan kuku, kesehatan sendi, pemulihan luka dan kesehatan gigi.

Manfaat Kolagen

Usia memasuki paruh baya umumnya merupakan tanda paling penting yang mungkin Anda butuhkan untuk kolagen. Biosintesis kolagen mulai turun 1,5 persen setiap tahun setelah usia 25 tahun, sehingga produksi kolagen bisa turun 30 persen pada usia 45. Tanda yang paling nyata dari produksi kolagen rendah adalah tanda-tanda penuaan di kulit. garis, keriput dan kering, di mana suplemen kolagen atau krim kolagen dapat membantu mendukung kekuatan dan elastisitas kulit Anda. Anda mungkin juga mendapatkan keuntungan dari suplemen kolagen jika Anda memiliki ketidaknyamanan bersama dan pembengkakan.

Collabeauty adalah suplement kecantikan yang mengandung kolagen yang berasal dari ikan salmon serta tambahan bahan lainnya seperti L-gluthatione master oksidan yang berperan terhadap kekencangan kulit dan membuat awet muda. kandungan ekstrak anggur yang bermanfaat menghaluskan kulit sehingga kulit anda tetap kencang, halus dan awet muda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here