SHARE

Seiring perkembangan jaman, industri creative semakin berkembang. perdagangan antar negara semakin pesat membuat jam kerja tidak hanya waktu pagi sampai sore saja, namun ada juga shift malam sampai dini hari.

Ketika orang lain sudah lelap tertidur, kita yang shift malam harus terjaga. biasanya kantuk akan melanda karena tubuh sudah terbiasa dengan ritme hidup ketika malam itu untuk istirahat. karenanya kita harus selalu menjaga kesehatan agar tidak drop walaupun bekerja pada shif malam.

Yuk intip apa saja tipsnya agar tetap sehat.

1. Biasakan Diri Anda


Sering terlihat bahwa mempertahankan shift malam tidak sesulit ketika masuk ke rumah. Jadi, jika Anda tahu bahwa pekerjaan Anda menuntut Anda untuk bekerja dalam shift, apa yang dapat Anda lakukan adalah mencoba masuk ke dalam jadwal satu atau dua hari sebelum Anda mulai dengan pekerjaan yang sebenarnya. Dengan begitu, kebiasaan tidur Anda juga akan terbiasa dengan pola baru dan Anda akan dapat mengakses perubahan gaya hidup utama.

2. Makan dengan Baik
Orang yang bekerja di shift malam memiliki kebiasaan melewatkan satu kali makan atau yang lain. Jangan lakukan itu. Ingat, terlepas dari pergeseran tempat Anda bekerja, tubuh Anda akan membutuhkan jumlah nutrisi yang sama.

3. Dapatkan Tidur Cukup
Rata-rata orang dewasa membutuhkan 8 jam tidur setiap hari. Dari sudut pandang medis, tidak masalah jika Anda mendapatkan 8 jam di siang atau malam hari. Faktanya, tidak apa-apa untuk membuat tidur Anda dibagi menjadi beberapa bagian dan total dari jumlah yang sama untuk melengkapi 8 jam yang dibutuhkan. Jadi, apa pun yang Anda lakukan, buatlah untuk mendapatkan 8 jam tidur setiap hari.

4. Luangkan Waktu Untuk Latihan Fisik
Orang yang bekerja di shift malam sering mengeluh bahwa mereka tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga. Namun, ini hanyalah alasan, Mempertimbangkan bahwa Anda bekerja untuk jumlah jam yang sama dan tidur selama jumlah jam yang sama (dan sebenarnya menghabiskan waktu lebih sedikit saat bepergian) dibandingkan dengan rekan-rekan Anda yang bekerja di shift siang, tidak ada cara mengapa ini menjadi masalah. Ingat, olahraga yang tepat adalah kunci untuk kesehatan yang baik dan orang yang bekerja shift malam sangat membutuhkannya.

5. Batasi Asupan Kafein Anda
Mungkin tampak sangat menggoda untuk mengkonsumsi kopi espresso sepanjang malam. Namun, sebaiknya anda menghindari itu. Mug kopi yang Anda minum di malam hari menghambat tidur Anda di siang hari, yang pada gilirannya mempengaruhi kesehatan Anda.

6. Jagalah Kesehatan Mental Anda
Buatlah waktu bersosialisasi dengan teman dan kerabat Anda pada akhir pekan atau kapan pun Anda bisa. Jika tidak mungkin bagi Anda untuk bertemu dengan mereka secara fisik, pastikan bahwa Anda mengirim pesan itu kapan pun Anda bisa. Ini akan memastikan bahwa Anda tetap terhubung dengan orang-orang di tingkat sosial dan membuat jalan bagi kesehatan mental yang sehat di pihak Anda.

7. Gunakan Tirai tebal
Banyak orang yang bekerja di shift malam mengeluh bahwa mereka tidak dapat tidur nyenyak di siang hari. Salah satu alasan yang mungkin untuk hal yang sama adalah kehadiran sinar matahari. Untuk menghadapi hal yang sama, pastikan bahwa kamar tidur Anda memiliki tirai tebal. Anda juga bisa memilih masker mata. Melakukan hal itu akan menciptakan suasana malam seperti Anda ketika Anda tidur dan ini akan memastikan bahwa Anda mendapatkan istirahat yang lebih baik.

8. Me Time
Hanya karena kerja shif malam maka anda menghentikan semua hobi yang sempat dijalani. memiliki hobi yang masih dilakukan membuat hidup anda menjadi lebih berwarna karena tidak melulu soal kerjaan yang dipikirkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here