SHARE

Jamur putih adalah jamur yang bertekstur seperti spons dan rasanya seperti daging. jamur putih sekarang lebih banyak dikonsumsumsi oleh masyarakat Indonesia karena banyak pembudidayaan terutama jamur tiram dan banyak diolah menjadi soup, jamur crispy bahkan steak jamur untuk para vegetarian.

ada banyak sekali jenis jamur putih yang bisa anda konsumsi, seperti jamur tiram, jamur shitake, jamur kancing. jamur sangat rendah kalori dan juga merupakan sumber vitamin B.

Jamur juga baik bagi kesehatan anda karena memiliki kandungan zinc dan potassium yang dapat membantu meregulasi beberapa fungsi tubuh.

lalu apa saja manfaat dari jamur yang yang dapat bermanfaat bagi tubuh anda.

1. Menurunkan Kolesterol
Jamur putih penuh dengan protein tanpa lemak dan membantu menjaga kolesterol tetap terkendali. Jamur mengandung serat dan enzim tertentu yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Kandungan protein membantu membakar kelebihan kolesterol dan lemak dalam tubuh.

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang
Jamur putih mengandung banyak kalsium, yang penting untuk menjaga tulang yang kuat. Mengkonsumsi jamur secara teratur dapat mengurangi kemungkinan osteoporosis, nyeri sendi dan gangguan lainnya yang berkaitan dengan degenerasi tulang.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Ergothioneine, antioksidan kuat hadir dalam jamur efektif dalam memberantas radikal bebas, sehingga memperkuat sistem kekebalan tubuh. juga mengandung khasiat antibiotik dan anti-jamur alami yang membantu menyingkirkan berbagai jenis infeksi.

4. Mencegah Diabetes
Jamur putih mengandung insulin alami dan enzim yang membantu meruntuhkan gula atau tepung dalam makanan. Juga merupakan sumber kromium yang hebat, yang membantu mempertahankan kadar gula darah, selanjutnya memeriksa insulin, menjadikannya makanan cepat untuk penderita diabetes.

5. Membantu menurunkan berat badan
Jamur putih mengandung banyak serat yang membantu dalam memperbaiki pencernaan dan menjaga metabolisme tetap terkendali. Jamur adalah makanan ideal untuk kehilangan massa otot karena rendah lemak atau karbohidrat yang akan menjadikannya makanan enak untuk menurunkan berat badan.

6. Meningkatkan penyerapan zat besi
Jamur putih mengandung tembaga yang bisa mengatur dan merangsang penyerapan zat besi dari makanan. Jamur juga kaya akan zat besi, sehingga kedua mineral tersebut bekerja sama untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah anemia.

7. Menurunkan Tekanan Darah
Jamur putih mengandung potassium yang berfungsi sebagai vasodilator yang melemaskan ketegangan di pembuluh darah sehingga mengurangi tekanan darah. Kalium juga diketahui dapat meningkatkan fungsi kognitif dengan meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak yang merangsang aktivitas syaraf.

8. Mencegah Kanker
Jamur putih efektif dalam mencegah kanker payudara dan kanker prostat. Ini mengandung asam linoleat yang sangat membantu dalam menekan efek berbahaya dari estrogen berlebih. Jamur juga mengandung beta-glucans yang menghambat pertumbuhan sel kanker pada kasus kanker prostat.

9. Mengandung Antioksidan
Jamur putih dikemas dengan antioksidan yang bermanfaat. Antioksidan melawan oksidasi yang meningkatkan risiko mutasi genetik Anda, dan juga merusak lipid dan protein yang membentuk selaput sel Anda. Mereka juga mengandung ergosterol, satu jenis antioksidan yang melawan penyakit kronis.

10. Berisi Vitamin B-2 dan B-5
Tambahkan lebih banyak jamur putih ke makanan Anda dan Anda akan mengkonsumsi vitamin B kompleks, terutama B-5 dan B-2. Kedua nutrisi ini membantu mengaktifkan enzim yang dibutuhkan sel Anda untuk diubah menjadi energi. Vitamin B-2 mendukung fungsi hati dan B-5 membantu produksi hormon.

11. Kaya Selenium
Jamur putih adalah cara terbaik bagi vegetarian untuk mendapatkan jumlah selenium yang diperlukan. Selenium dapat memberi manfaat pada kesehatan tulang yang meningkatkan daya tahan dan juga memperkuat gigi, rambut dan kuku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here