SHARE

Kopi adalah salah satu minuman favorit dunia. semua orang mengenalnya dan bahkan menjadikannya minuman favorit yang harus dikonsumsi ketika matahari terbit. bahkan sudah banyak komunitas pecinta kopi dan menyicipi kopi dari berbagai macam belahan dunia.

ada dua jenis kopi di dunia yaityu kopi robusta dan Arabica. arabica biasa tumbuh didataran lebih tinggi dibanding dengan robusta. dari segi rasa arabica lebih asam dan lebih pahit. Banyak perdebatan mengenai kopi. ada orang yang mengatakan mengkonsumsi kopi itu baik untuk kesehatan. dan ada sebagian orang yang mengatakan bahwa mengkonsumsi kopi akan sangat bruk bagi hari anda.

sebenarnya persoalannya adalah seberapa banyaknya anda mengkonsumsi kopi. menurut penelitian konsumsi kopi secara harian akan sangat baik bagi kesehatan anda. berdasarkkan penelitian dari Universittas Southampton telah menemukan bahwa mengkonsumsi 2-4 gelas kopi sehari dapat sangat bermanfaat bagi anda.

apa saja manfaatnya?

1. Meningkatkan Energi
kopi mengadung stimulan yang bernama kaffein yang dapat memblok penghalang neotransmiter pada otak. ini dapat meningkatkan energi, mood serta fungsi otak.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan
Kopi mengandung mineral essensial seperti magenesiumm dan pottasium yang dapat membantu tubuh manusia menggunakan insulin, yang dapat membuat anda lebih kenyang sehingga dapat membantu penurunan berat badan anda. kopi juga dapat memecah sel lemak yang sanagat bermanfaat bagi penurunan berat badan.

3. Menurunkan Resiko Diabetes
kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2. kafein dapat membantu meningkatkan sensitifitas insulin dan menurunkan gula. dan hal tersebut yang mampu membuat kopi menurunkan berat badan.

4.Dapat Melawan Depresi
kandungan kafein memang sangat beranfaat bagi kesehatan dan dapat meningkatkan prosuksi serotonin, dopamin dan adrenalin yang dapat melawan depresi.
meminum 2-3 gelas dalam sehari dapat melawan depresi.

5. Membantu Melawan Kanker
kopi berasal dari biji yang kaya akan antioksidan. mengkonsumsi kopi 2-3 gelas seharii dapat membuat tubuh anda lebih protektif dala melawan kanker. beberapa penelitian juga telah mengungkapkan bahwa mengkonsumsi kopi dapat melawan kanker.

6. Kopi Dapat Meningkatkan Memori Jangka Pendek
kafein yang hadir dalam kopi dapat memberikan efek pada area otak yang bertanggung jawab pada memori dan konsentrasi, dapat meningkatkan memori jangka pendek .

7. Kopi Dapat Membantu Mencegah Kanker
pria yang mengkonsumsi kopi mungkin akan lebih rendah dalam resiko mendapatkan kanker prostat. hal itua akan didapatkan jika mengkonsumsi kopi dalam jumlah harian dan tidak berlebihan. karena kandungan polipenol, antioksidan yang ditemukan pada kopi.

Nutrisi kopi
Menghitung kalori
Kopi hitam biasa (tanpa susu atau krim) memiliki jumlah kalori yang sangat rendah. 1 Cangkir kopi hitam hanya mengandung sekitar 2 kalori.Namun, jika Anda menambahkan gula dan susu, jumlah kalori bisa naik.

Antioksidan
Kopi adalah sumber antioksidan nomor satu di A.S., menurut periset dari Universitas Scranton. Joe Vinson, Ph.D. telah mengatakan bahwa anda akan mendapatkan lebih banyak antioksidan dari kopi daripada sumber makanan lainnya.

Penulis penelitian ini menekankan moderasi, yang menyatakan bahwa hanya satu atau tiga cangkir sehari yang akan memberikan bermanfaat. Versi berkafein dan tanpa kafein memberikan tingkat antioksidan yang hampir sama.

itu adalah beberpa manfaat kopi jika dikonsumsi 2-3 gelas sehari. semoga bermanfaat silahkan ketik di kolom komentar saran anda. selamat mengkonsumsi kopi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here