SHARE

Tahukah Anda bahwa ada lebih banyak organisme mikro yang hidup di kulit manusia?

Karena terus-menerus terpapar udara dan unsur lainnya, mikroorganisme membuat tubuh kita menjadi rumah mereka karena kondisinya sempurna bagi mereka untuk berkembang biak.
Meskipun semua organisme mikro tidak berbahaya bagi kita, penting untuk melindungi diri kita dari mereka. Itulah fungsi sistem kekebalan tubuh kita.

Sistem kekebalan tubuh kita melakukan fungsi tubuh kita yang paling penting. Yaitu melawan penyusup dan melindungi kita dari penyakit. Ini mengidentifikasi virus dan bakteri yang berpotensi membahayakan tubuh kita dan membunuh mereka, sebelum mereka memiliki kesempatan untuk menyebar ke dalam tubuh kita.

Sistem kekebalan tubuh manusia terdiri dari sumsum tulang belakang, limpa, timus dan kelenjar getah bening. Sumsum tulang inilah yang menghasilkan sel darah putih yang melawan infeksi di tubuh kita. Kelenjar getah bening memproduksi dan menyimpan sel yang bertanggung jawab untuk menyimpan sel-sel ini.
Bila sistem kekebalan kita lemah, tubuh kita rentan terhadap infeksi. Ini karena suhu sangat cocok untuk pertumbuhan virus. Mereka menyukai daerah yang dingin dan kering. Juga, selama musim dingin, tubuh menghabiskan lebih banyak energi untuk tetap hangat, yang melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga agar sistem kekebalan tubuh kita tetap aktif dan berjalan dengan mudah sampai bulan-bulan musim dingin tanpa terkena infeksi. Ada banyak cara alami untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.
Berikut adalah beberapa makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

1) Jus Buah
Jus yang ditekan dingin dimana semua nutrisi utuh, adalah pilihan terbaik Anda melawan melawan infeksi. Dua vitamin yang dikenal sebagai penguat kekebalan – vitamin A dan C banyak hadir dalam buah. Kedua vitamin ini bisa membantu melawan infeksi virus.
Vitamin C secara khusus diketahui dapat meningkatkan produksi sel darah putih. Meskipun jus buah bukan cara yang biasa disarankan untuk makan buah, tapi selama musim dingin buah yang diambil dalam bentuk jus lebih diutamakan. Ini karena jusnya diserap dengan cepat oleh tubuh sehingga tidak harus bekerja keras dalam mencerna makanan selama bulan-bulan dingin.
2) Minum Banyak Air
Penting untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi agar berfungsi dengan baik. Ini juga memastikan bahwa darah membawa oksigen ekstra ke semua sel. Ini mempercepat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, air membantu mengeluarkan racun dari tubuh kita yang pada gilirannya memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3) Latihan
Latihan melakukan banyak hal baik terhadap tubuh kita. Ini memperkuat otot-otot jantung dan memompa lebih banyak darah. Ini meningkatkan kapasitas menahan oksigen paru-paru kita. Ini juga membuat sel kekebalan tubuh kita lebih kuat sehingga lebih siap untuk melawan penyakit.
Tapi efek ini hanya bertahan beberapa jam setelah Anda berolahraga. Oleh karena itu, untuk menjaga efeknya lama, latihan harian seperti jalan cepat akan memberi keajaiban bagi sistem kekebalan tubuh Anda.

4) Menjaga Kebersihan Pribadi
Seperti disebutkan sebelumnya, organisme mikro hidup di permukaan kulit kita dan tidak butuh waktu lama untuk masuk ke tubuh kita. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan tubuh secara teratur dengan mandi teratur dan menjaga kebersihan diri. Penting juga sering mencuci tangan untuk mengendalikan penyebaran penyakit.

5)Tidur yang Cukup
Diketahui bahwa ritme sirkadian tubuh kita memiliki kemampuan untuk mengendalikan gen sistem kekebalan tubuh yang sangat penting yang mengenali bakteri penyebab penyakit. Selain itu, tidur memiliki efek langsung pada tingkat stres kita. Tidur dengan baik mengurangi hormon stres dalam tubuh, sehingga membuat fungsi sistem kekebalan tubuh lebih baik.

6) Teh Jahe
Teh jahe dikenal bisa meningkatkan produksi sel T, yang merupakan komponen penting dari sistem kekebalan tubuh. Anti oksidannya yang kuat mengurangi kerusakan radikal bebas di tubuh. Teh jahe adalah obat alami yang kuat yang menyeimbangkan fungsi sistem kekebalan tubuh kita dan membantu dalam fungsinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here