SHARE

Pagi hari adalah waktu yang sangat sibuk. Karen padsa pagi hari orang memulai aktifitas kesehariannnya seperti bekerja atau pergi sekolah. Semua serba cepat seperti sarapan dan langsung meminum teh pada pagi hari.

Tapi taukah anda bahwa kebiasaan tersebut malah memberikan efek tidak baik bagi kesehatan dilansir dari laman Bright Side ada beberapa hal yang justru harus kamu hindari setelahmakan. Apa saja?

  1. Mandi

Ketika kamu mandi, suhu tubuh meningkat. Peredaran darah sedikit lebih naik dibanding biasanya. Hal tersebut dapat mengganggu proses pencernaan dan metabolisme dalam tubuh. Maka waktu terbaik untuk mandi adalah 30 menit setelah makan.

  1. Minum Teh

Rata rata Masyarakat Indonesia mengkonsumsi teh manis setelah makan. Tapi, sebuah studi menunjukkan bahwa hal ini justru berbahaya dan mengganggu asimilasi besi dan mineral yang berperan penting bagi tubuh. Maka dari itu, bagi wanita hamil, anak-anak dan orang yang mengalami kekurangan zat besi sebaiknya menghindari minum teh setelah makan. Atau jika masih ingin bisa menunggu satu jam setelah makan.

  1. Tidur

Mitos bahwa makan sebelum tidur dapat menyebabkan kenaikan berat badan memang sudah lama terdengar. Namun faktanya, tidur setelah makan akan menyebabkan ketidaknyamanan seperti tidak bisa tidur karena rasa mulas atau bersendawa. Selain itu kebiasaan sering tidur setelah makan siang atau malam juga dapat meningkatkan resiko penyakit stroke. Para ahli menyarankan bahwa lebih baik tidur tidak kurang dari 2 jam setelah makan.

 

  1. Olahraga

Olahraga adalah aktifitas sehat tapi jika dilakukan setelah makan maka hal tersebutakan merugikan kesehatan anda sendiri. Karena beban perut yang penuh setelah makan dapat menyebabkan ketidaknyamanan, seperti cegukan. Bahkan gangguan yang lebih serius bisa terjadi risiko seperti trauma dan kejang-kejang. mulailah berolahraga minimal 2 jam setelah makan.

 

  1. Merokok

Bagi Anda seorang perokok, mungkin mulut berasa tak enak jika tak merokok setelah makan. justru hal tersebut sangat berbahaya bagi tubuh. Zat nikotin yang terdapat dalam rokok akan diserap dua kali lipat oleh tubuh. Selain itu, tembakau bahan utama rokok juga dapat memblokir penyerapan vitamin dan mineral, vitamin C dan D termasuk kalsium. Tentu saja hal yang harus anda dilakukan adalah berhenti merokok. Namun, bila pada kenyataannya sulit, tunggulah 20 menit setelah makan.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here