Hal Yang Harus Wanita Ketahui Tentang Jantung

Hal Yang Harus Wanita Ketahui Tentang Jantung

84
0
SHARE

Apa yang perlu Anda ketahui tentang penyakit jantung

Anda tahu dasar-dasar penyakit jantung: penyakit Ini adalah pembunuh nomor satu perempuan, Anda beresiko jika Anda memiliki tekanan darah tinggi atau kolesterol atau keduanya, caranya anda dapat berolah raga agar tentap memiliki tubuh proporsional terjaga. Tapi ada faktor lain yang dapat merusak jantung Anda dan tidak ada yang menceritakan hal tersebut kepada anda.

“Banyak wanita dan dokterberasumsi jika tidak merokok maka resiko penyakit jantung akan menjauhi anda padahal tidak juga,” kata Nieca Goldberg, MD, direktur medis dari NYU Langone medical Center Joan H. Tisch Center for Kesehatan Perempuan. Inilah yang perlu Anda ketahui sekarang untuk menjaga jantung Anda sehat.

 

Bahkan wanita kurus dapat berisiko

Broken heart heart attack heart burn

Ya, kelebihan berat badan atau obesitas merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung. Tetapi “ada banyak wanita yang kurus dan memiliki tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi,” catatan Dr Goldberg. Kadang-kadang itu bermuara pada genetika-jika kolesterol tinggi atau hipertensi berjalan dalam keluarga Anda, Anda akan lebih rentan, juga. Anda juga dapat memiliki indeks massa tubuh normal (BMI) tapi masih memiliki jumlah tinggi lemak visceral-lemak tubuh yang tersimpan jauh di dalam perut Anda yang nestles sekitar hati Anda, pankreas dan usus.

Jenis lemak ini dianggap sangat berbahaya karena mengeluarkan sitokin, zat inflamasi yang beracun untuk hati Anda, jelas Ian Neeland, MD, seorang ahli jantung di University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas. Sebuah studi 2016 menemukan bahwa orang dengan peningkatan yang lebih besar lemak visceral lebih dari enam tahun memiliki ketinggian lebih substansial dalam faktor risiko metabolik, seperti gula darah tinggi dan trigliserida tinggi, dibandingkan mereka yang lemak visceral tinggal cukup stabil. Bahkan, beberapa ahli jantung sekarang mempertimbangkan pensiun BMI seluruhnya dan hanya berfokus pada lemak visceral sebagai barometer risiko penyakit jantung, tambah Dr Neeland.

Secara teknis, satu-satunya cara untuk langsung mengukur lemak visceral Anda adalah melalui CT abdomen atau MRI, namun scan ini tidak umum digunakan untuk tujuan itu. Sebaliknya, “Anda dapat meminta perawatan dokter utama Anda untuk mengukur lingkar pinggang Anda,” kata Dr Neeland (atau melakukannya sendiri). “Sebuah pengukuran yang lebih tinggi dari 35 inci menunjukkan risiko lebih besar terkena penyakit jantung.”

 

Stress Tidak Bagus Untuk Jantung Anda

Wanita depresi berada pada risiko tinggi penyakit jantung, penelitian menunjukkan yang dipresentasikan pada bulan Oktober di pertemuan tahunan Amerika Utara Menopause Society. Kesepian dan isolasi sosial juga dikaitkan dengan risiko 29 persen lebih besar untuk terserang serangan jantung, menurut sebuah tinjauan penelitian yang diterbitkan April lalu di jurnal medis Hati. Ada beberapa teori tentang mengapa Kedua kondisi meningkatkan kadar hormon stres, seperti kortisol dan adrenalin, yang dapat meningkatkan tekanan darah dan peradangan. Hal ini juga mungkin bahwa orang-orang yang kesepian atau depresi cenderung melakukan hal-hal untuk menjaga diri mereka sendiri, seperti makan dengan baik, berolahraga, dan mengambil obat mereka, dan lebih mungkin untuk merokok dan minum alkohol yang berlebihan.

Anda juga harus waspada untuk gejala depresi-seperti merasa sedih, cemas atau marah, dan mengalami kesulitan tidur dan berkonsentrasi-yang berlangsung lebih dari dua minggu.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY