SHARE

Jika Anda sedang diet karbohidrat atau biasa yang disebut diet carbo, lalu anda tidak makan karbohidrat sama sekali maka Anda salah. diet karbohidrat tetap membutuhkan mengambil sumber makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat, tapi dengan porsi yang lebih sedikit. Istilah ini juga dapat disebut sebagai diet rendah karbohidrat .

Tentu ada banyak karbohidrat dalam biji-bijian, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan susu. karbohidrat ini, juga dikenal sebagai karbohidrat kompleks. Selain itu, ada juga karbohidrat olahan atau karbohidrat sederhana dalam tepung atau gula, yang digunakan dalam makanan olahan. Misalnya, nasi putih, pasta, roti, kue, permen, soda, atau minuman manis lainnya.

Menurunkan berat badan dan mencegah penyakit

Tubuh menggunakan karbohidrat sebagai sumber energi. Segera setelah itu, karbohidrat yang dikonsumsi akan dipecah menjadi gula dan diserap ke dalam darah sebagai glukosa atau gula darah. Kemudian, tubuh akan mengeluarkan insulin, sehingga glukosa dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi. glukosa yang tidak terpakai dan kemudian disimpan dalam hati, otot, atau sel-sel lain yang juga dapat dikonversi menjadi lemak.

Ini adalah aspek yang sebenarnya dipengaruhi ide diet karbohidrat untuk menurunkan berat badan. Dengan menurunkan asupan glukosa, maka diharapkan tubuh akan membakar lemak sebagai sumber energi. diet karbohidrat juga disebut penurunan berat badan jangka pendek lebih efektif jika dibandingkan dengan diet rendah lemak.

Yang tidak kalah penting, yaitu manfaat dari diet karbohidrat untuk menurunkan trigliserida, yaitu partikel yang membawa aliran darah lemak. karbohidrat diet juga sementara meningkatkan HDL, juga dikenal sebagai kolesterol baik. Manfaat lain dari karbohidrat makanan yaitu mencegah serta membantu meningkatkan gangguan metabolik, diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit kardiovaskular.

Namun, untuk menghindari penurunan asupan karbohidrat secara drastis. asupan karbohidrat kurang dari 20 gram per hari tidak hanya akan membuat awal tubuh Anda untuk memanfaatkan lemak sebagai sumber energi, tapi kemungkinan juga akan menimbulkan efek samping. Efek samping berupa sakit kepala, lesu, sulit buang air besar napas bau, atau bahkan diare.

 

Diet Porsi Karbohidrat

img_0045-600x472

Dalam kondisi normal, asupan karbohidrat yang disarankan adalah lebih dari setengah total kalori. Jika asupan 2000 kalori per hari, maka porsi karbohidrat sekitar 900-1300 atau sebanyak 225-325 gram.

Lalu, berapa banyak karbohidrat karbohidrat diet? Umumnya, karbohidrat dibatasi untuk 60-130 gram mengandung 240-520 kalori. asupan karbohidrat kurang dari 60 gram per hari sudah tergolong sangat rendah.

Jika mengkonsumsi makanan dalam wadah, kemudian untuk mengetahui jumlah karbohidrat Anda dapat membaca label makanan. Selain itu, Anda dapat memperkirakan jumlah karbohidrat pada jenis makanan dengan mengetahui terlebih dahulu jenis makanan dan porsi karbohidrat di dalamnya.

Saran untuk makan lima kali sehari dapat didasarkan pada teori diet dengan membagi asupan Anda setiap 3 jam pada siang hari. Ini berarti bahwa tubuh tidak perlu menyimpan kalori karena akan diperbarui setiap tiga jam, dengan asupan terakhir kalori lebih kecil dibandingkan dengan asupan lain hari.

Sebuah studi mengatakan makan kedelai 2 jam sebelum waktu makan berikutnya dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Hal ini karena kedelai mengandung karbohidrat yang tidak mudah rusak sehingga kadar gula darah tidak melompat.

Jika Anda tertarik untuk melakukan diet karbohidrat, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi. Mengatur pola makan karbohidrat Anda dengan kondisi kesehatan masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here