SHARE

Banyak orang yang meremehkan jamur. Padahal kenyataannya, jamur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jamur mengandung beberapa nutrisi, seperti vitamin, mineral, antioksidan dan antibiotik yang memiliki kualitas sangat baik. Ada beberapa jenis jamur dan obat, tapi memiliki satu kesamaan, dan termasuk kedalam jenis Saprophytes. Jamur jenis ini tidak memiliki klorofil untuk membuat makanan sendiri sehingga mereka hidup dari nutrisi yang biasa ditemukan dalam tanaman yang membusuk dan materi hewani.

Jika anda menambahkan jamur ke dalam makanan anda, selain akan menambah rasa enak namun juga akan memberikan manfaat bagi kesehatan anda. jamur dapat membantu mencegah penyakit kanker payudara dan prostat, menurunkan kadar kolesterol darah, yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu menurunkan berat badan. Jamur juga mengandung selenium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, kuku, dan gigi.

Kebanyakan orang Cina dan Jepang sudha mengggunakan berbagai jenis jamur dalam perawatan medis mereka. Dalam sebuah penelitian terbaru di Jepang, jamur shiitake berperan sebagai nutrisi anti-kanker. Lentinan yang terkandung didalam jamur shiitake dipercaya dapat mengurangi tumor jinak. Bahkan masyarakat di negara-negara Asia menggunakan jamur sebagai bentuk mata uang dan obat. Jamur maiitake sering digunakan sebagai obat berbagai penyakit, seperti menurunkan tekanan darah sampai menangkal kanker.

Berikut adalah manfaat yang  bisa anda dapatkan jika anda mengonsumsi jamur.

JAMUR ADALAH SUMBER MAKANAN KAYA VITAMIN D

Menurut sebuah studi menunjukkan bahwa peningkatan jumlah vitamin D didalam tubuh dapat membantu mengurangi resiko terjadinya penyakit kanker prostat. Jamur mengandung kalium yang dapat membuat jantung menjadi lebih sehat dan dapat menurunkan tekanan darah.

Selain sebagai baik sebagai anti bakteri dalam tubuh, jamur juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan kadar vitamin B-kompleks, vitamin A dan vitamin C. anti-oksidan dapat melindungi sel-sel dan mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan penyakit kanker, penuaan, dan penyakit lain.

JAMUR MEMBANTU MENURUNKAN BERAT BADAN

Ahli Gizi dari Inggris, Sarah Schenker melakukan riset tentang diet untuk kelompok pertama menggunakan jamur sebagai pengganti daging dalam makanan mereka selama seminggu dan untuk kelompok kedua tetap menggunakan daging rendah lemak dalam makanan. Kelompok pertama yang menambahkan jamur untuk diet mengalami penurunan berat badan lebih cepat dibandingkan dengan kelompok kedua yang makan daging rendah lemak. Selain itu, rasa jamur yang enak sehingga tidak akan membuat anda takut untuk melakukan diet sehat agar berat badan anda menjadi ideal seperti yang anda inginkan.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here