SHARE

Ibu hamil sebenarnya sah saja jika ingin berpuasa, namun jika kondisi kehamilannya dinyatakan sehat oleh dokter atau petugas kesehatan lainnya. Bagi orang hamil yang ingin menjalankan ibadah puasa, akan lebih baik jika berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau bidan.

Bagi ibu hamil memiliki cara berpuasa yang berbeda dengan orang biasa atau wanita yang tidak hamil. Ibu hamil yang ingin berpuasa harus memperhatikan banyak hal dan membutuhkan kiat-kiat khusus tetap bisa menjalankan puasa. Karena, ibu hamil dalam masa kehamilannya haruis mencukupi kebutuhan nutrisi untuk dirinya sendiri, selain itu juga harus memberi asupan nutrisi pada sang calon bayi didalam kandungannya. Jadi, hanya wanita hamil yang memiliki kondisi kesehatan yang baik yang bisa diijinkan untuk menjalankan puasa.

Berikut adalah tips-tips khusus yang harus dilakukan oleh ibu hamil jika ingin ikut berpuasa.

KETIKA WAKTU SAHUR

  • Sebaiknya selama sahur harus memperbanyak untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein dalam jumlah yang cukup. Hal ini karena protein sangat baik bagi tubuh agar memberikan rasa kenyang dalam waktu yang lama. Dengan mengonsumsi banyak protein, ibu hamil yang berpuasa akan mudah menahan rasa lapar. Ibu hamil juga diperbolehkan untuk mengonsumsi daging ketika makan sahur, karena daging adalah salah satu makanan yang mengandung protein dan kalori yang cukup tinggi dan dapat disimpan oleh tubuh dalam waktu yang cukup lama.
  • Waktu sahur bagi ibu hamil, usahakan juga untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. karena vitamin C dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar ketika sedang berpuasa. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan segar seperti jeruk yang mengandung vitamin C.
  • Untuk ibu hamil usahakn untuk menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung gula berlebihan ketika sahur. Karena makanan yang manis berlebihan dapat membuat tubuh menjadi lemas dan cepat lapar karena insulin shock.
  • Jangan lupa untuk tetap mencukupi kebutuhan cairan bagi tubuh selama berpuasa. Selain air putih, ketika sahur sangat baik jika minum segelas susu hangat. dengan rutin minum susu hangat saat sahur dapat mencegah ibu hamil mengalami anemia selam aberpuasa.

 KETIKA WAKTU BERPUASA

  • Bagi wanita hamil yang ikut menjalankan puasa, niatkanlah dengan perasaan ikhlas agar selama menjalankan puasa akan terasa lebih ringan dan menyenangkan.
  • Selama berpuasa seharian, tubuh akan kekurangan asupan makanan dan minuman, sehingga membuat tubuh menjadi cepat lelah, terutama bagi wanita yang sedang hamil. Untuk itu khusus bagi ibu hamil, sebaiknya perbanyaklah untuk beristirahat, kurangi untuk melakukan pekerjaan yang terllau berat atau di luar kemampuan agar kondisi kehamilan tetap terjaga.
  • Bgai ibu hamil juga harus menghindari pekerjaan yang membutuhkan energi ekstra seperti pekerjaan di luar ruangan.
  • Selama berpuasa bagi ibu hamil juga disarankan untuk menghindari stress. Karena stress memang rawan terjadi pada orang yang sednag hamil. Terutama ketika berpuasa, sebaik mungkin aturlah tingkat stress anda agar tetap bisa menjalankan puasa dengan menyenangkan.

WAKTU BERBUKA

  • Ketika sudah waktunya berbuka, sangat penting untuk mengonsumsi makanan sehat. Awalilah berbuka dengan makanan dan minuman yang manis agar kadar gula darah tetap stabil. Namun, anda tetap harus memperhatikan asupan gula agar tidak berlebihan mengonsumsi makanan manis, karena ibu hamil meman rawan sekali terkena penyakit diabetes. Hindari juga minuman dingin ketika berbuka seperti es. Karena minuman dingin dapat menganggu kerja lambung terutama jika kondisi lambung yang sudha seharian kosong karena puasa.
  • Setelah mengawali bebruka dengan yang manis, and abisa melanjutkan dengan menyantap makanan yang berkarbohidrat, misalnya seperti kolak atau buah kurma.
  • Makan besar sebaiknya anda lakukan setelah sholat Maghrib. Sebaiknya jangan makan dengan terburu-buru, makan denga pelan dan jangan makan langsung dengan porsi besar dan kalap.
  • Usahakan makan meskipun dalam porsi yang sediki seperti cemilan sehat sebelum anda tidur. Selain itu anda juga bisa minum minuman hangat untuk membantu produksi ASI anda.

Nah itulah cara berpuasa untuk ibu hamil agar tetap aman dan tidak mengganggu kesehatan kandungan selama berpuasa. Jangan sampai Ibadah mulia yang dijalani malah mengganggu kehamilan. Anda bisa tetap berpuasa dan tetap sehat dengan mengikuti anjuran-anjuran di atas.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here