Tips Kecantikan Kuno yang Terbukti Manfaatnya Hingga Sekarang

Tips Kecantikan Kuno yang Terbukti Manfaatnya Hingga Sekarang

348
0
SHARE

Menjadi cantik sebenarnya cukup mudah jika kamu membiasakan merawat dirimu dengan disiplin menggunakan bahan-bahan alami. Setelah beberapa kali Gracia berbagi resep-resep perawatan kecantikan DIY maupun tradisional kali ini Gracia hendak membagi pengetahuan tentang tips-tips kecantikan yang mungkin sudah sering kamu dengar namun kamu abaikan karena terdengar jadul. Ssttt… walaupun kuno, namun tips-tips ini sebenarnya sangat efektif lho. Apa saja tips-tips itu dan apa yang menjadikannya efektif?

  1. Hindari mengucek mata dan gunakan lap dari bahan yang lembut seperti tisu

Area sekitar mata adalah area paling lembut dan sensitif pada mata. Terlalu sering menguceknya dapat membuat kulit teriritasi dan kerutan di sekitarnya semakin jelas. Untuk membersihkan mata gunakan pembersih dari bahan lembut seperti tisu atau saputangan dengan perlahan.

2. Hilangkan kantong mata dengan kompres berisi es batu

Bungkus es batu dalam waslap lebut dan tempelkan pada kantung mata selama lima belas detik. Lepaskan selama lima belas detik sebelum kembali menempelkan kompres es. Suhu dingin dari es akan menenangkan dan meredakan stres kulit sekaligus menghambat terbentuknya ‘bengkak’ yang akan menjadi kantong mata.

3. Saat mengaplikasikan pelembap dan make-up pastikan kamu selalu memijat dengan gerakan mengangkat

Memijat wajah dengan gerakan ke atas berguna untuk melawan pengaruh gravitasi terhadap kultimu sekaligus melancarkan peredaran darah di kulit. Dengan memijat wajah ke atas secara teratur sambil mengaplikasikan pelembap yang tepat maka sebenarnya kamu sedang berusaha melawan efek penuaan pada kulit.

4. Lembutkan bibir dengan kain yang telah dibasahi dengan air hangat

Alternatif lip scrub DIY memang banyak, bahkan termasuk waslap hangat. Metode lip scrubbing yang satu ini memiliki kelebihan dibanding metode lainnya dalam hal kemudahan dan kelembutan. Ya, waslap hangat dikenal dapat mengeksfoliasi bibir dengan lembut sehingga bibirmu terhindar dari iritasi namun tetap lembut dan sehat.

5. Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan untuk kulit segar

Kamu mungkin sudah bosan dengan anjuran memperbanyak konsumsi sayur dan buah, namun sebenarnya kedua menu ini sangat penting untuk disertakan dalam menu dietmu. Sayuran dan buah kaya akan vitamin, antioksidan, bahkan dapat membantu meredakan stres. Sejumlah sayuran seperti bayam juga kaya akan protein sehingga bisa menjadi salah satu alternatif menu sehat untuk diet.

6. Lakukan scrubbing atau eksfoliasi dengan teratur

Scrubbing atau eksfoliasi akan membantu mengangkat kulit mati, karena itu kamu yang berkulit kering sangat disarankan untuk melakukannya secara teratur. Bagaimana jika kamu memiliki kulit berminyak atau cukup beruntung karena memiliki kulit normal? Sekalipun kamu memiliki kulit berminyak kamu tetap perlu melakukan eksfoliasi untuk membuang kotoran, minyak dan sel-sel kulit mati yang akan menyumbat pori. Untuk kamu yang selalu berperang dengan kulit kusam dan berjerawat karena berminyak ini pastikan kamu membatasi frekuensi eksfoliasi hingga sekali seminggu agar kulitmu tidak terlalu kering dan dehidrasi. Jika kamu memiliki kulit normal yang bebas masalah kulit pilih produk eksfoliasi yang mengandung minyak alami seperti minyak zaitun dan kelapa yang lembut di kulit.

7. Selalu konsumsi makanan kaya protein dan asam lemak Omega-3 dan Omega-6 untuk kulit yang lebih kencang

Kolagen merupakan elemen penting dalam pembentukan jaringan kulit yang sehat. Kerusakan protein kolagen menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan noda-noda kehitaman. Pelihara kulitmu dengan mengkonsumsi cukup protein yang juga kaya asam lemak Omega-3 dan Omega-6 yang bisa kamu dapatkan dari daging ikan salmon, kacang-kacangan dan alpukat. Oya, makanan ini selain baik untuk menjaga keremajaan kulitmu juga bermanfaat untuk menyehatkan rambut dan kukumu. Yuk, mulai makan seimbang dan mengkonsumsi nutrisi yang cukup termasuk protein.

8. Bersahabatlah dengan EVOO

EVOO atau Extra Virgin Olive Oil memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan karena kandungan asam lemak tak jenuh dan anti-oksidan yang menyehatkan di dalamnya. Perempuan-perempuan Yunani kuno menggunakan EVOO untuk perawatan kulit dan rambut. Mereka juga meminumnya secara teratur sehingga mereka memiliki angka kematian akibat serangan jantung yang sangat rendah dan harapan hidup yang tinggi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY