SHARE

Mendekorasi kuku merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, terutama jika kamu seorang beauty enthusiast. Dengan kuku yang cantik kamu dapat tampil menawan atau glamor sesuai dekorasi kukumu, namun terlalu sering mendekorasi kuku dapat memudarkan warna alami kuku dan merusak kesehatan kuku jika tidak dilakukan dengan benar. Jika kamu suka mendekorasi kukumu lakukan tips ini agar kukumu tetap sehat dan cantik.

  1. Selalu bawa perlatanmu sendiri saat manikur di salon

Peralatan manikur di salon adalah peralatan yang digunakan oleh banyak orang, karena itu tidak semua perlatan manikur di salon kecantikan terjamin kebersihannya, apalagi jika peralatan itu tidak langsung dibersihkan setelah digunakan. Peralatan manikur yang kurang bersih ini dapat menyebabkan infeksi serius pada kutikula karena itu biasakan untuk membawa peralatan manikurmu sendiri jika kamu akan memanikur kukumu di salon.

2. Hindari pembersih cat kuku berbahan dasar aseton

Aseton adalah bahan yang dapat menimbulkan iritasi pada kuku dan kutikula di sekitarnya terutama jika kamu memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap bahan-bahan kimia. Aseton juga merupakan bahan kimia yang bersifat melarutkan minyak, termasuk minyak alami tubuh pada ujung-ujung jari. Itulah sebabnya kulit pada ujung-ujung jari terasa kering dan perih setelah kamu membersihkan cat kuku dengan aseton. Untuk alternatif pembersih cat kuku coba pijat kukumu dengan sedikit pasta gigi hingga seluruh catnya rontok.

3. Hindari cat kuku akrilik yang mengandung MMA

Cat kuku akrilik kadang mengandung MMA atau Metil Metakrilat. Bahan ini terutama sering digunakan sebagai campuran agar cat kuku tersebut dapat memberikan coverage maksimal dengan harga yang sangat murah. MMA terbukti merupakan bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan kuku kronis, dermatitis hingga kerusakan organ tubuh jika digunakan dalam waktu lama. Jika cat kuku memiliki aroma yang tajam dan sulit untuk dikelupas maka kemungkinan besar cat kuku tersebut mengandung MMA.

4. Pilih cat kuku yang sulit dikeringkan

Saat mendekorasi kukumu mungkin kamu akan tergoda untuk memilih cat kuku yang mudah kering untuk alasan kepraktisan, namun sebenarnya cat kuku yang lebih cepat kering biasanya mengandung lebih banyak bahan kimia yang bisa jadi berbahaya. Sejumlah bahan kimia yang dapat membuat cat kuku lebih cepat mengering yaitu formalin dan alkohol. Penggunaan cat kuku yang mengandung kedua bahan ini dalam jangka panjang bukan saja berbahaya bagi kukumu namun juga dapat menimbulkan keluhan kesehatan serius seperti kanker dan penyakit reproduksi.

5. Selalu aplikasikan base coat terutama untuk cat kuku berwarna gelap

Cat kuku berwarna gelap dapat mengkontaminasi warna asli kukumu dan membuatnya menguning. Jika kamu seorang penggemar cat kuku warna gelap pastikan kamu selalu menggunakan base coat dari cat kuku berwarna transparan sebelum mengaplikasikan cat kuku. Saat aplikasi sebaiknya cukup tiga lapis cat saja agar kukumu tidak terlalu terbebani dengan banyaknya bahan kimia.

6. Buang cat kuku lamamu

Saat kamu akan mendekorasi kuku pastikan selalu bahwa kamu menggunakan cat kuku baru karena cat kuku yang sudah terlalu lama disimpan dapat terkontaminasi bakteri dan menggumpal. Beli cat kuku dalam kemasan kecil dan sediakan hanya satu botol untuk dua kali penggunaan.

7. Bersihkan cat kuku seminggu sekali

Membiarkan dekorasi kuku hingga terlalu lama akan membiarkan kuku menguning dan pecah-pecah, karena itu bersihkan semua dekorasi jika sudah berumur satu minggu. Setelah kukumu bersih hindari melakukan manikur maupun mendekorasi kuku selama satu hari untuk memperbaiki sirkulasi kuku.

8. Kurangi frekuensi mengikir kuku

Untuk menyempurnakan bentuk dan tekstur kuku kamu mungkin tergoda untuk mengikir kukumu sesering mungkin, padahal saat kamu mengikir kuku sebenarnya dapat membuat kukumu semakin rapuh dan mudah retak. Jika hal ini terjadi pada kukumu maka potong bagian yang retak dan hentikan mengikir kuku untuk sementara waktu. Lalu seberapa sering kamu bisa mengikir kuku? Jika kukumu tumbuh dengan cepat maka kamu cukup memotong dan mengikirnya sebanyak satu kali dalam seminggu. Gunakan pengikir yang lembut dan potong kuku dalam bentuk yang sederhana sehingga cukup memerlukan sedikit retouch.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here