SHARE

Kamu mungkin seorang beauty enthusiast yang memiliki koleksi perawatan wajah dan make-up kit lengkap, namun apakah kamu sudah memilih produk yang paling tepat untuk kulitmu? Kali ini mari kita memilah-milah di antara sejumlah produk kecantikan yang memiliki nama yang mirip dan fungsi yang serupa tapi tak sama.

Beauty Balm (BB) Cream

Sejak kemunculannya pertama kali di Korea produk kecantikan ini langsung meledak karena diklaim sebagai produk perawatan dengan fungsi kecantikan yang lengkap. Fungsi yang ditawarkan oleh produk ini yaitu pelembap, pengganti foundation dan bedak bahkan perlindungan terhadap matahari. BB Cream juga seringkali dikatakan dapat meratakan warna kulit yang tidak merata dengan penggunaan teratur dalam waktu lama. Meskipun begitu, karena pada dasarnya BB Cream merupakan produk dekoratif maka tentu saja kamu tetap harus menggunakan pelembap dan sunscreen atau sunblock sebelum mengaplikasikan BB Cream di wajah. Kelebihan BB Cream lebih terletak pada fungsi dekoratifnya: Kamu bisa melewatkan penggunaan foundation dan bedak jika sudah mennggunakan BB Cream karena krim ini sudah memberikan coverage yang cukup namun tetap terasa ringan di kulit jika dibandingkan dengan foundation.

Color Correcting (CC) Cream

Sesuai namanya, CC Cream memperbaiki complexion kulit yang tidak merata saat diaplikasikan sehingga wajahmu terlihat cerah dan mulus. CC Cream juga memberikan rona yang sehat, terutama jika kulitmu cenderung terlihat kusam atau pucat. CC Cream juga memiliki kandungan antioksidan yang jauh lebih tinggi dari produk perawatan wajah pada umumnya untuk menyamarkan noda-noda dan pigmentasi pada wajah. Fungsi lain yang juga ditawarkan CC Cream adalah sebagai dasar make-up yang jauh lebih ringan dari BB Cream karena jika dibanding BB Cream CC Cream lebih memiliki fungsi perawatan ketimbang dekoratif. Kamu dapat melihat perbandingan kulit sebelum dan sesudah memakai CC Cream di sini. Hasilnya cukup halus dan rapi untuk penggunaan sehari-hari tanpa harus dilapisi dengan riasan tambahan, namun jika kamu menyukai tampilan yang lebih berat kamu juga bisa menggunakan CC Cream sebagai primer.

Daily Defense (DD) Cream

DD Cream disebut-sebut sebagai pengembangan dari CC Cream dengan fungsi yang hampir sama, namun dapat digunakan untuk melembapkan bagian-bagian tubuh yang cenderung kering seperti tumit, siku dan lutut. Perbedaan lain yang ditawarkan DD Cream adalah fungsi mengencangkan kulit dan meringkas pori sekaligus fungsi oil-control  yang membuat kulit berminyak pun tampak matte bebas kilap. Kesamaan DD Cream dengan pendahulunya adalah fungsi subtitutifnya untuk primer walaupun pada dasarnya penggunaan DD Cream pun sudah membuat wajah tampak segar bersinar.

Tinted moisturizer

Sesuai namanya, tinted moisturizer adalah pelembap wajah dengan color tone yang juga memiliki fungsi dekoratif. Memang tinted moisturizer terdengar praktis untuk kamu yang ingin menghemat waktu pemakaian pelembap dan make-up, naumn penggunaan tinted moisturizer sebenarnya tidak efektif karena kandungan pelembapnya tidak sekaya pelembap wajah biasa atau pelembap wajah DIY. Coverage yang ditawarkan tinted moisturizer pun seringkali dinggap kurang memuaskan karena kurang sempurna menutupi warna yang tidak merata dan mudah luntur.

Sunscreen dan sunblock

Banyak orang menyamakan sunscreen dan sunblock karena kemiripan fungsi keduanya, padahal sunscreen dan sunblock memiliki tekstur dan fungsi yang berbeda. Sunscreen dapat dianalogikan sebagai selubung yang menyaring radiasi sinar matahari yang diserap kulit. Sebanyak apa tingkat radiasi yang terhalang oleh sunscreen sebelum terserap kulit bergantung pada kadar SPF dalam sunscreen tersebut. SPF 15 dapat mencegah 93% radiasi UV B, sedangkan SPF 34 akan mencegah 97% radiasi sinar UV B. Sun screen biasanya memiliki tekstur yang ringan dan mudah diserap. Sun block di sisi lain, biasanya bertekstur lebih pekat dan creamy. Perlindungan yang ditawarkan sun block dianggap lebih maksimal dari sunscreen sehingga kerap dianalogikan sebagai payung pada wajah. Perbedaan lain sunscreen dan sunblock adalah perlindungan yang ditawarkan: sunscreen hanya melindungi wajah dari UVB, sementara sunblock melindungi wajah dari UVA dan UVB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here