SHARE

Tanpa disadari kamu mungkin sering menambah jam kerja dan mengorbankan pola hidup sehat sehingga kamu pun mengalami kelelahan karena itu kamu sering berusaha menebusnya dengan tidur sepanjang hari di waktu libur. Sayangnya ternyata kondisi tubuhmu tidak membaik dan kamu tetap merasa lelah sepanjang waktu, padahal kamu tentu ingin meningkatkan produktivitas dan prestasi kerjamu. Kenali penyebab kelelahan, penanggulangannya dan diet yang tepat untuk menjaga tubuhmu tetap sehat.

Penyebab Kelelahan

Penyebab kelelahan terbagi ke dalam dua kategori yaitu gaya hidup dan kondisi tubuh. Gaya hidup yang dapat menyebabkan rasa lelah berkepanjangan yaitu terlalu banyak aktivitas fisik, kurang olahraga, kurang tidur, pengobatan dan pola makan yang tidak sehat.

Mungkin kamu berpikir bahwa saat kamu beraktivitas fisik maka secara tidak langsung kamu sedang berolahraga, namun sebenarnya aktivitas fisik belum tentu sama dengan olahraga. Aktivitas fisik adalah semua gerakan yang kamu lakukan dengan tubuhmu, sementara olahraga adalah kegiatan terstruktur untuk membentuk dan meningkatkan fungsi tubuh. Untuk perbandingan, seorang atlet dan seorang pekerja kasar sama-sama melakukan aktivitas fisik dalam waktu lama, namun karena seorang atlet berolahraga maka tubuhnya sehat dengan distribusi otot dan lemak yang merata. Pekerja kasar sebaliknya, aktivitas fisik yang mereka lakukan tidak terstruktur atau terencana, karena itu walaupun lengan dan kaki mereka berotot namun seringkali postur mereka kurang baik dan seringkali memiliki kadar lemak subkutan dan viseral tubuh yang tinggi. Kadar lemak subkutan dan lemak viseral yang tinggi ini juga merupakan salah satu penyebab kelelahan akut.

Pola makan yang buruk juga dapat menjadi penyebab kelelahan akut. Jika kamu merasa pola dietmu sudah sempurna tapi kamu tetap merasa lelah berkepanjangan walaupun sudah istirahat cukup bisa jadi kamu mengikuti pola diet yang salah. Pola diet yang salah adalah pola diet yang mengharamkan konsumsi karbohidrat dan rendah protein yang sebenarnya merupakan sumber tenaga utama tubuh. Jika kamu ingin mengkonsumsi karbohidrat tanpa takut gemuk cobalah mengkonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks yang lambat dicerna tubuh. Saat tubuh mencerna karbohidrat kompleks maka pelepasan energi pun dilakukan secara bertahap tanpa lonjakan gula darah yang tajam sehingga kamu tetap bugar dan terhindar dari lelah dan kantuk.

Kurang tidur ataupun tidur tidak teratur juga akan menyebabkan kelelahan berkepanjangan yang tidak akan mereda walaupun kamu berusaha memberi kompensasi dengan tidur sepanjang hari di hari libur. Membayar hutang tidur juga dianggap berbahaya bagi kesehatan, karena itu biasakanlah untuk tidur teratur. Bagaimana dengan pengobatan? Pengobatan cenderung membuat seseorang mudah lelah dan mengantuk karena dengan tidur seseorang akan memperbaiki sel-sel tubuh sekaligus membantu penyerapan obat. Penyebab lain kelelahan adalah kondisi fisik bawaan. Kamu dapat memeriksa daftar kondisi penyakit bawaan yang menyebabkan kelelahan di sini.

Pola hidup yang perlu dijaga untuk menghindari kelelahan

Makan teratur

Makan teratur memberimu suplai energi yang cukup untuk beraktivitas. Tentu saja makan teratur juga berarti makan seimbang dengan nutrisi lengkap, termasuk protein, karbohidrat dan lemak. Sumber karbohidrat yang baik adalah karbohidrat kompleks seperti ubi ungu, gandum utuh, sayuran hijau dan buah-buahan. Lemak yang baik bagi tubuh adalah asam lemak tak jenuh yang bisa kamu dapat dari VCO dan EVOO. Waktu yang terbaik untuk mengkonsumsi karbohidrat dan lemak adalah di pagi hari sebelum kamu mulai beraktivitas dan memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk mencerna makanan.

Cukup minum air putih

Air putih akan menyegarkan tubuh dan menjaga volume otak sehingga tentu saja kamu lebih mudah berkonsentrasi dan tetap segar.

Tidur teratur

Profesionalitas adalah pedoman hidup yang perlu dimiliki semua orang karena itu kamu juga perlu menjaga kondisi tubuh sebagai bentuk komitmenmu kepada pekerjaan. Tidurlah dengan teratur setiap hari agar kamu dapat menjaga kebugaran tubuh dan produktivitasmu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here