SHARE

Untuk mendapatkan bentuk tubuh dan berat badan ideal kerap seseorang memilih diet, namun ternyata apa yang kamu makan dan minum tidak hanya mempengaruhi tubuhmu tapi juga kulitmu. Apa saja makanan yang harus kamu hindari dan apa saja yang harus kamu konsumsi untuk kulit lembut dan sehat? Temukan jawabannya di sini.

Yang Perlu Kamu Konsumsi:

Dark chocolate

Cokelat kaya akan anti-oksidan yang membantu menangkal radikal bebas yang merusak kesehatan tubuh dan kulit, karena itu sekarang kamu sudah bisa mengkonsumsi cokelat dengan tenang, tapi pastikan bahwa yang kamu konsumsi adalah dark chocolate rendah kalori ya.

 

Havermut

Nasi dan roti memang terbukti buruk untuk kesehatan tubuh dan kulitmu, tapi bukan berarti kamu harus menghindari karbo terus menerus. Havermut adalah sumber karbohidrat yang kaya antioksidan sekaligus salah satu anti-inflamasi alami yang menghasilkan sumber energi tahan lama.

 

Air kelapa dan santan

Jika kamu khawatir kehilangan sumber nutrisi dari susu karena program dietmu, kamu bisa mencoba menggantikan susu dengan air kelapa dan santan. Produk-produk kelapa ini kaya protein namun rendah gula. Sumber tenaga yang sehat dan segar!

 

Teh hitam

Teh hitam kaya akan theaflavin yang merupakan salah satu bentuk anti-oksidan yang penting bagi perawatan serabut kolagen kulit. Kandungan kolagen kulit yang terjaga akan menghindarkanmu dari penuaan dini dan kanker kulit.

 

Ikan salmon

Salmon adalah paket lengkap untuk tubuh ramping dan sehat serta kulit cantik karena Omega-3 yang terkandung dalam salmon akan melembapkan kulit dan meredakan peradangan (dan, ya, jerawat juga dapat timbul karena kulit yang meradang). Untuk dietmu pun salmon sangat menyehatkan karena kaya protein. Pilih selalu daging ikan salmon yang sehat dan olah dengan baik ya.

 

Yang Perlu Kamu Hindari:

Susu

Hormon dan protein yang terkandung dalam susu dapat meningkatkan produksi hormon hingga 60% (!) yang tentunya akan memicu over-produksi sebum pada kulit sehingga mengakibatkan penyumbatan pori-pori kulit. Tentunya kamu sudah tahu bahwa pori-pori yang tersumbat akan menyebabkan jerawat.

Hidangan pencuci mulut

Hidangan pencuci mulut seperti puding dan es krim tinggi kadar gula yang merupakan racun bagi tubuh yang mengakibatkan tubuh cepat lelah, berat badan meroket dan kulit berjerawat sebagai reaksi tubuh untuk menetralkan racun yang masuk ke dalamnya.

Makanan kemasan/kalengan

Makanan kemasan kaya akan sodium yang dapat menyebabkan tubuh terdehidrasi. Saat tubuh terdehidrasi dan kekurangan nutrisi kulitmu akan menipis dan mengering terutama di area seputar mata yang menyebabkan penebalan kantung mata. Hal yang sama juga berlaku untuk makanan beku, karena itu jika kamu harus mengkonsumsi makanan beku seperti sayuran beku pastikan kamu selalu mencucinya terlebih dahulu untuk mengurangi kandungan sodiumnya.

Roti

Roti kaya akan gluten yang dapat merusak kandungan kolagen pada lapisan bawah kulit dan mempercepat penuaan kulit. Roti juga kaya akan gula yang memicu pelepasan hormon kortisol untuk menyeimbangkan kadar gula tubuh. Ketidakseimbangan hormon tubuh memicu kelebihan produksi sebum dan menyumbat pori-pori kulitmu. Halo jerawat!

Keripik

Keripik selain kaya akan sodium juga biasanya digoreng dengan minyak bersuhu tinggi dalam waktu lama untuk mendapatkan tekstur yang renyah sehingga tentu saja kandungan asam lemak jenuh yang didapat dari minyak panas dan indeks glikemik keripik sangat tinggi. Hasilnya tubuh jadi mudah melebar, kulit pun jadi kusam karena minyak dan jerawat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here