SHARE

Suara melengking tinggi atau cempreng kerap terasa mengganggu untuk didengar, bahkan dapat menimbulkan masalah kesehatan serius seperti dibuktikan dengan rekaman karlmayer yang berisi remix suara-suara cempreng serta distorsi suara lainnya. Vokal cempreng ini juga dapat mengurangi rasa percaya diri karena orang bersuara cempreng ini kerap dijadikan sasaran olok-olok orang sekitar, namun ternyata kondisi suaramu bisa diperbaiki lho. Untuk Sahabat Gracia yang merasa kurang pede karena suaranya yang cempreng, kamu bisa menerapkan beberapa trik ini untuk memperbaiki kualitas vokalmu.

  1. Banyak minum air

Banyak permasalahan kesehatan berawal dari kurangnya minum air, termasuk kondisi pita suara yang kurang prima. Suara cempreng dapat timbul karena pita suara yang kering dan kaku harus digetarkan terus menerus dengan kecepatan tinggi, karena itu basahkan pita suara dengan minum air yang cukup. Sebisa mungkin, hindari juga alkohol, kafein dan rokok yang dapat menyerap kadar air tubuh dan menyebabkan dehidrasi.

  1. Hindari makanan dengan rasa yang terlalu tajam

Makanan yang terlalu pedas dan asin akan menyebabkan suhu pita suara meningkat dan mengakibatkan pita suara mengalami dehidrasi. Seperti telah disebutkan sebelumnya, kondisi ini akan membuat suaramu terdengar tinggi melengking sehingga dapat mengganggu pendengarnya.

  1. Kurangi konsumsi susu dan produk-produk turunannya

Susu serta produk-produk turunannya dapat menyebabkan meningkatnya produksi lendir di tenggorokan yang tentunya akan mengganggu suara dan pernapasan, karena itu sangat disarankan untuk mengurangi konsumsi produk-produk ini jika anda ingin memiliki suara merdu. Susu juga diketahui dapat menyebabkan bakteri berkembang semakin pesat pada tenggorokan saat Sahabat sedang sakit tenggorokan.

  1. Rajin melatih vokal setiap hari

Melatih vokal bukan berarti Sahabat harus mengambil les vokal secara profesional, namun berlatih bicara dengan volume yang ‘bersahabat’, terutama di dalam ruangan. Seperti kita ketahui, dengan volume pelan saja vokal yang tinggi melengking sudah terdengar ‘menggema’ ke seluruh ruangan. Selain itu, kebiasaan berteriak juga dapat mengakibatkan iritasi pita suara karena itu mulailah bicara dengan volume yang tepat yaitu cukup agar dapat didengar lawan bicara anda. Hindari pula kebiasaan berbicara tanpa jeda yang akan memberikan tekanan berlebih pada pita suara dan biarkan pita suaramu dalam keadaan rileks.

  1. Perhatikan postur

Postur tubuh yang baik dapat membuatmu tampak lebih muda dan baik bagi sistem sirkulasi tubuh. Selain itu, postur yang rileks namun tetap tegap juga terbukti dapat meningkatkan kualitas vokalmu karena dengan sistem sirkulasi yang baik maka pernapasan pun tetap terjaga sehingga pita suara dan organ pernapasanmu pun akan lebih rileks saat digunakan. Vokalmu pun akan terdengar lebih ramah di telinga orang-orang di sekitarmu.

  1. Beristirahat yang cukup

Suara yang terlalu melengking juga merupakan sinyal tubuh saat Sahabat mengalami kelelahan, apalagi saat disertai tenggorokan gatal dan berlendir. Dengan istirahat yang cukup, menjauhi makanan yang buruk bagi pita suara dan mengkonsumsi makanan sehat pita suara dan kesehatanmu akan tetap terjaga.

Bagaimana Sahabat Gracia, mudah bukan menjaga dan meningkatkan kualitas vokalmu dengan alami? Tambahkan juga Pure Collagen ke dalam menu sehatmu setiap hari. Pure Collagen menjaga kesehatan jaringan dan kelancaran sistem sirkulasi tubuh sehingga kulit, rambut dan organ-organ tubuhmu semakin prima dan kualitas vokal lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here