SHARE

Manfaatkan Sisa Kulit Dari Jus Sayur Untuk Kecantikan – Membuat jus sayuran adalah cara yang baik untuk mengembangkan cara hidup sehat. Setelah mengetahui fakta tersebut, mungkin anda untuk memakan lebih banyak sayuran dari sebelumnya. Anda bisa mencampur dan mengolah berbagai macam jenis sayuran sesuai keinginan anda menjadi satu dengan cara membuat jus. Beberapa sayuran yang umum digunakan adalah seledri, bayam, kangkung, wortel, dan mentimun. Anda bahkan dapat menambahkan setengah potong lemon atau jeruk nipis, dengan catatan kupas kulitnya terlebih dahulu. Begitu pula dengan sayuran lainnya yang akan dibuat jus, biasanya anda harus mengupas kulitnya terlebih dahulu.

Umumnya orang-orang yang membuat jus pasti mengupas kulit sayur atau buah itu sendiri. Namun, ada beberapa jenis buah dan sayur yang bisa dibuat jus dengan tidak mengupas kulitnya dulu. Kulit sisa dari sayur yang dibuat jus tadi bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit wajah (facial) homemade yang berguna untuk kecantikan kulit. Misalnya anda sedang membuat jus mentimun, kulit mentimun bisa ditempelkan diatas mata yang tertutup selama 15-20 menit. Hal ini banyak diakui dapat membantu mengurangi bengkak di mata. Tapi jika seandainya dimakan pun, kulit mentimun bisa menjadi sumber serat, kalium dan antioksidan.

Sayuran lainnya yang dapat digunakan untuk membuat jus maupun perawatan kulit wajah adalah wortel. Wortel dapat memberikan rasa yang lezat jika dibuat jus atau smoothie, selain lezat wortel juga mengandung nutrisi yang penting seperti vitamin A. Wortel juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kulit anda. Jika anda membuat jus wortel dengan hanya mengupas kulitnya dan membuang sisa kulit wortel tersebut (tidak dimanfaatkan), maka anda tidak akan mendapatkan manfaat yang maksimal untuk tubuh dan sekaligus untuk kulit anda. Kulit wortel memang tidak begitu baik untuk dimakan, tapi kulit wortel memiliki nutrisi yang bisa untuk dijadikan homemade facial.

Caranya dengan mengupas wortel jangan terlalu tipis, sehingga anda masih bisa mendapatkan daging dari wortel itu. Kemudian bersihkan kulitnya dalam air dingin. Blender kulit wortel tersebut sampai lembut. Lalu anda siapkan air panas dan perasa gelatin. Campurkan kulit wortel yang sudah halus dengan campuran tadi. Anda bisa tambahkan sedikit madu lalu aduk dan biarkan mereka bercampur dengan baik. Setelah itu diamkan selama setengah jam. Cara yang sama dapat diterapkan pada jus mentimun, tambahkan chamomile atau teh hijau sebagai campuran. Perawatan kulit wajah Homemade ini akan berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan mendorong regenerasi kulit baru. Ini juga akan membuat kulit wajah anda sehat dan segar.

Ingatlah lain kali jika anda mengupas sayuran untuk dibuat jus, anda bisa menggunakan kulit sayuran itu agar lebih bermanfaat. Anda tidak hanya akan merasa lebih sehat dengan meminum jus, tapi kulit anda pun akan merasakan manfaat dan khasiatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here