Tips Merawat Rambut Saat Menggunakan Hijab

Tips Merawat Rambut Saat Menggunakan Hijab

261
0
SHARE
tips merawat rambut untuk hijabers

Keluhan wanita berhijab biasanya tidak jauh-jauh dari masalah rambut. Hijabers biasanya mengeluhkan rambut mereka yang menjadi rontok, lepek dan berketombe setelah beberapa lama menggunakan penutup aurat bagian kepala tersebut.

Dijelaskan dr. Lilik Norawati, SpKK, berhijab memang membutuhkan perawatan rambut yang tepat karena bagian kepala yang tertutup membuat kulit kepala dan rambut menjadi lebih lembab yang bisa bisa memicu masalah-masalah rambut. Untuk menjaga rambut tetap sehat dan terhindar dari kerontokan serta ketombe, berikut ini cara merawat rambut yang tepat saat menggunakan hijab.

1. Hijab Menyerap Keringat
Dokter kecantikan yang akrab disapa Nora tersebut menyarankan agar memiliki jilbab yang tepat yakni yang menyerap keringat untuk mencegah ketombe. Salah satu bahan yang paling nyaman dan ramah untuk rambut serta kulit kepala adalah bahan katun.

2. Hindari Menggunakan Hijab Saat Rambut Basah
Kesalahan hijabers adalah langsung menutup rambut dengan hijan saat rambut belum benar-benar kering usai keramas. Hal tersebut memicu masalah rambut yang parah, mulai dari rambut menjadi berbau tidak sedap, ketombe hingga kerontokan karena rambut yang lembab langsung dipakaikan jilbab.

3. Karet Rambut yang Longgar
Karet rambut yang terlalu ketat bisa memicu rontok dan rambut yang patah. Sebaiknya pilih bahan karet rambut yang tebal dan lembut serta longgarkan karet saat mengikat rambut. “Sekarang banyak karet rambut yang cukup longgar, kalau pakai karet ketat bikin rambut rusak,” ujar dr. Nora.

4. Tak Hanya Menggunakan Shampo
Dr. Nora menjelaskan keramas menggunakan shampo saja tidak cukup untuk membuat rambut tetap sehat. Setelah shampo, gunakan kondisioner untuk menambah nutrisi pada rambut. Selain itu, dibutuhkan perawatan tambahan seperti menggunakan vitamin dan masker rambut agar rambut tetap tebal dan ternutrisi.

5. Menyisir
Selain ketombe dan rontok, masalah rambut lainnya yang dialami hijabers adalah rambut yang kusut. Untuk itu, sebelum atau sesudah menggunakan hijab, jangan malas untuk menyisir rambut agar rambut yang kusut tidak semakin parah. Tapi sebaiknya, jangan langsung menyisir rambut setelah keramas karena bisa menyebabkan kerontokan.

“Jangan pakai sisir. Gunakan jari-jemari saja jika ingin merapikan rambut saat masih basah,” saran dr. Nora.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY