SHARE

Bunga melati bukanlah bunga yang asing di Indonesia. Keberadaannya yang familiar dan sering dimanfaatkan untuk beberapa acara atau ritual adat membuat bunga melati cukup terkenal. Namun sesungguhnya, tak hanya dapat dijadikan hiasan atau syarat pada ritual tertentu, ternyata bunga melati dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Beberapa manfaatnya adalah :

1. Mengobati Demam
Jika Anda atau keluarga Anda ada yang mengalami demam, jangan panik. Ambillah segenggam daun melati dan 10 kuntum bunga melati, kemudian diremas-remas dengan tangan. Setelah layu dan agak hancur, rendam dalam air. Air rendaman ini digunakan untuk mengompres dahi. Cara ini juga bisa dilakukan untuk mengobati sakit kepala ringan.

2. Mengobati Sengatan Lebah
Jika Anda tiba-tiba disengat lebah, ambillah satu genggam bunga melati, kemudian diremas-remas sampai halus. Tempelkan bunga melati yang sudah diremas tersebut ke bagian tubuh yang digigit serangga atau disengat lebah.

3. Mengobati Sakit Mata
Anda pernah mengalami sakit mata, seperti mata merah karena iritasi ataupun belekan? Sebenarnya kondisi tersebut bisa diatasi dengan daun melati. Caranya, ambil satu genggam daun melati, kemudian dipipis halus. Tempelkan pada dahi diatas mata, kalau kering ganti dengan ramuan baru.

Itulah manfaat bunga melati yang mungkin belu banyak diketahui banyak orang. Jadi, jika Anda mengalami beberapa hal di atas jangan ragu untuk memanfaatkan bunga melati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here