SHARE

“Cowok mah.. makan banyak susah gemuknya, coba kalau cewek..”

“Nyebelin banget, aku mulai diet dan ke gym bareng kakakku yang cowok. Dia sering diet asal-asalan, tapi dia lebih cepat kurus daripada aku,”

Begitu biasanya komplain di kalangan wanita. Jika Anda perhatikan dengan baik, kaum Adam sering makan lebih banyak dibanding Anda, wajar sih.. karena rata-rata tubuh mereka lebih tinggi dan besar dibanding wanita. Tapi kenapa sih pria lebih mudah kurus dibanding wanita? Bahkan mereka bisa makan enak setiap saat dan berat badan tetap stabil. Coba bandingkan dengan wanita, makan banyak sesekali saja, langsung deh timbangan naik.

Inilah beberapa perbedaan yang membuat pria lebih mudah menurunkan berat badan dibanding wanita,seperti :

1. Metabolisme Pria Lebih Tinggi
Mudah atau susahnya seseorang untuk gemuk ditentukan dari bagaimana metabolisme tubuhnya. Orang yang memiliki metabolisme baik akan mencerna makanan dengan membakarnya lebih optimal. Makan sebanyak apapun, tubuh mereka cenderung stabil beratnya. Di kalangan pria, mereka memiliki metabolisme 5 hingga 10 persen lebih tinggi dibanding wanita. Maka tak heran walaupun pria hobi makan, mereka tetap santai.

2. Wanita Kalau Bosan Pelampiasannya Makan
Apa yang Anda bayangkan saat bosan? Semangkuk mie instan? Cupcakes? Cokelat? Wanita cenderung memikirkan makanan saat sedang bosan. Bahkan lebih sering makan camilan ringan tinggi lemak seperti cokelat, keripik, kue basah dan sebagainya. Padahal sebenarnya tidak lapar, hanya untuk mengatasi bosan saja. Beda dengan pria, jika sedang bosan, mereka lebih sering memikirkan hal lain, perempuan seksi misalnya.

3. Hormon Testosteron Pria Lebih Banyak
Satu hal yang paling pasti mengapa pria lebih mudah menurunkan berat badan adalah hormon testosteron. Secara alami pria memiliki hormon testosteron yang sangat banyak, sehingga mereka lebih cepat berotot. Semakin banyak otot yang terbentuk, semakin banyak lemak dan kalori yang terbakar. Maka jangan heran walaupun makan banyak, otot yang terbentuk dari testosteron akan ‘memakan’ lemak para pria.

Berbeda dengan wanita yang hanya memiliki sedikit testosteron, maka wanita butuh usaha lebih keras untuk membangun otot. Plus, secara alami wanita menghasilkan hormon estrogen yang berkaitan dengan reproduksi. Maka secara alami, hormon ini akan mengikat lemak lebih banyak. Secara alami juga.. wanita memang akan mengikat lemak di pinggul, paha, payudara dan perut. Maka wanita butuh usaha lebih keras untuk menjaga berat dan menurunkan berat badan.

Sekarang Anda sudah tahu apa yang membuat pria lebih mudah kurus ketimbang wanita. Tetap semangat, ladies!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here