SHARE

Memakai bra saat tidur menurut berita yang beredar di masyarakat dapat memicu kanker payudara, apakah benar? Jawabannya adalah tidak.

Tidak ada keterkaitan penggunaan bra saat tidur dengan munculnya kanker payudara. Sampai saat ini tidak ada penelitian yang menerangkan keterkaitan kedua hal tersebut. Namun yang perlu diperhatikan adalah ukuranbra yang kita pakai. Ukuran bra yang tidak tepat akan membuat payudara mengendur atau yang terlalu sempit akan membuat payudara tertekan, akibatnya aliran darah di sekitar payudara menjadi tidak lancar dan menimbulkan gangguan pegal dan nyeri di sekitar payudara.

Sebenarnya tidak ada ketentuan dalam pemakaian brasaat tidur. Sesuaikan dengan apa yang menjadi nyaman bagi Anda. Beberapa wanita merasa nyaman tetap memakai bra saat tidur, sementara beberapa yang lain enggan memakainya saat tidur. Jika Anda memilih tidur dengan memakai bra, pakailah bra yang tidak terlalu ketat.

Berikut masalah yang terjadi pada payudara saat Anda memakai bra yang ketat:

Masalah yang Dapat Ditimbulkan Tidur dengan Bra

Berikut masalah yang terjadi pada payudara saat Anda memakai bra yang ketat:

  • Mengenakan bra yang ketat saat tidur dapat menyebabkan gangguan sirkulasi darah
  • Tidur Anda akan terganggu dan kurang nyaman
  • Kulit menjadi iritasi. Memakai bra yang ketat saat tidur akan membuat kulit berkeringat dan menimbulkan iritasi.
  • Risiko penyumbatan limfatik di sekitar payudara yang akan menyebabkan pengumpulan cairan di sekitar payudara atau edema

Kate-upton-bra-widescreen-Download-wallpaper

Jika bicara soal kanker payudara, hanya ada 3 penyebab utama yang dapat menyebabkan kanker payudara, diantaranya:

  1. Pola Makan
    Kanker payudara berhubungan dengan pola makan yang tinggi lemak, kegemukan dan konsumsi alkohol. Meskipun demikian, terdapat beberapa makanan yang sifatnya mencegah kanker payudara.
  2. Merokok 
    Individu yang merokok memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara.
  3. Genetik
    Genetik juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara. Salah satu faktor genetik yang diduga berhubungan dengan kanker payudara adalah perubahan atau mutasi dari gen yang disebut BRCA1 dan BRCA2. Individu dengan perubahan atau mutasi gen ini dapat memiliki peningkatan risiko terjadinya kanker payudara bahkan sampai 60-80% dibandingkan mereka yang tanpa mutasi.

Dilain Sisi, Anda Dianjurkan untuk Tidur Mengenakan Bra Jika:

Namun terdapat beberapa rekomendasi dalam memakai bra saat tidur, yaitu jika:

  • Payudara dalam kondisi bengkak.
  • Ukuran payudara sangat besar.
  • Setelah tindakan operasi pada payudara. Panggunaan bra setelah operasi pada payudara bisa mengurangi gejala nyeri pasca operasi
  • Anda sedang menyusui. Memakai bra saat tidur ketika Anda sedang menyusui, sangat dianjurkan untuk memberikan kenyamanan Anda saat tidur.

Jadi jangan takut akan ancaman kanker payudara dengan memakai bra saat tidur. Semua tergantung pada kenyamanan Anda, apakah Anda lebih nyaman memakai bra saat tidur atau tidak.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here