SHARE

Makanan yang sehat adalah makanan yang memberikan banyak manfaat untuk tubuh sekaligus yang bisa menjaga tubuh dari serangan penyakit. Nah, jika ingin menerapkan hidup sehat, maka Anda perlu banyak makan sayur, buah dan biji-bijian. Kebanyakan, makan tersebut memiliki banyak serat.

Namun apakah pentingnya serat untuk tubuh? Jika Anda ingin cepat menurunkan berat badan, maka makanan kaya serat harus ada di dalam menu makanan Anda setiap hari. Seperti dilansir dari healthmeup.com, jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka secara perlahan tingkatkan jumlah serat dalam setiap makanan Anda.

Idealnya, Anda perlu mendapat serat makanan sekitar 20-35 gr per hari. Untuk memenuhi kebutuhan ini, tentu Anda harus banyak makan sayur, buah dan biji-bijian karena serat ada banyak dalam tiga jenis makanan tersebut. Serat sendiri tidak memiliki kalori dan sangat baik untuk menurunkan berat badan karena menjaga perut kenyang lebih lama.

Ada dua jenis serat, serat yang larut dalam air dan serat yang tidak mudah larut dalam air. Serat tidak larut dalam air banyak ditemukan dalam semua sayuran dan biji-bijian. Sedangkan serat yang larut dalam air kebanyakan ditemukan dalam buah-buahan, dan kacang-kacangan. Serat bukan hanya membuat Anda kenyang lebih lama, namun juga membantu melancarkan dan membersihkan sistem pencernaan dari lemak dan zat sisa.

Serat membutuhkan waktu untuk diproses di dalam sistem pencernaan dan inilah yang membuat tubuh memanfaatkan kalori tubuh dengan sangat baik. Membutuhkan banyak kalori untuk mencerna serat dan ini yang akan membantu penurunan berat badan Anda lebih cepat. Jadi, ingin cepat kurus dan diet berhasil? Yuk perbanyak konsumsi serat harian Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here