SHARE

Menurunkan berat badan tidak bisa dilakukan secara instan. Biasanya yang instan justru yang tidak sehat. Untuk ukuran penurunan berat badan yang sehat adalah sekitar 0,5 hingga 1 kg per minggu. Anda tetap harus olahraga dan membatasi asupan kalori per hari.

Meskipun makan makanan sehat dan olahraga sangat membantu, namun perbanyak minum air putih juga penting untuk kesuksesan diet Anda. Seperti dikutip dari livestrong.com, sebuah penelitian membandingkan angka penurunan berat badan antara kelompok diet rendah kalori dan kelompok diet yang minum air lebih banyak, hasilnya kelompok dengan diet minum air lebih banyak mengalami penurunan berat badan lebih cepat dari kelompok diet rendah kalori.

Hal ini tidak lain karena konsumsi air putih dapat mengenyangkan dengan cepat tanpa menambahkan kalori ke dalam tubuh. Selain itu juga meredam keinginan makan, membuat Anda tidak ingin makan lebih banyak. Cara melakukan diet dengan air putih ini pun cukup sederhana, bahkan Anda bisa menurunkan berat badan lebih dari 1 kg dalam seminggu.

1. Jangan minum minuman lain selain air putih
Hindari minum kopi, teh, soft drink, minuman diet, susu dan lain sebagainya. Anda masih bisa minum jus, namun dengan catatan tanpa menambahkan gula dan minum jus untuk mengganti makanan padat seperti nasi dan makanan berat lainnya. Ini adalah cara memangkas asupan kalori selama seminggu.

2. Minum air putih setiap kali lapar
Terkadang keinginan makan bukan berarti Anda lapar, bisa jadi Anda dehidrasi, Anda butuh cairan tubuh. Jadi, daripada Anda ngemil dan makan makanan yang tidak diperlukan, Anda bisa mengatasinya dengan minum air putih. Selalu bawa sebotol air putih ke mana pun Anda pergi.

3. Jangan minum berlebihan
Anda memang dianjurkan untuk minum lebih banyak, tapi bukan berarti Anda bisa mengganti semua makanan dengan air putih. Makan lah sewajarnya, cukup 1-2 porsi sehari. Terlalu banyak minum air juga bisa membuat Anda lemas dan mengalami hyponatremia, yang menyebabkan darah menjadi encer dan meminimalkan kadar elektrolit dalam tubuh Anda.

Nah, ingin mencobanya mulia sekarang? Hal ini cukup mudah dilakukan karena cara diet ini tidak banyak menuntut Anda untuk memilih makanan asal Anda tetap mengimbanginya dengan olahraga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here