SHARE

Ladies, sadar tidak bahwa semua makhluk hidup membutuhkan atau hidup dari nutrisi? Tanaman mendapatkan nutrisi dari tanah, binatang mendapatkan nutrisi dari tanaman atau binatang lain, dan manusia mendapatkan nutrisi dari tanaman serta binatang. Bicara tentang nutrisi, ada hubungannya dengan diet lho!

Kebanyakan, diet dilakukan berdasarkan 3 aturan dasar berikut: mengurangi asupan kalori, mengatur asupan berbagai nutrisi penting (rendah karbohidrat, rendah lemak), dan membatasi atau mengurangi kelompok makanan tertentu (misal hanya makan sayur, hanya makan buah). Teorinya, dengan mengikuti salah satu atau ketiga aturan tersebut, Anda akan bisa mengurangi berat badan serta merasa lebih sehat. Faktanya, bisa berhasil, bisa tidak. Kalaupun berhasil, apakah bisa bertahan lama?

Yang seringkali diabaikan dalam suatu program diet adalah mencukupi semua nutrisi demi membantu Anda mewujudkan penurunan berat badan. Nutrisi-nutrisi itu termasuk vitamin, mineral, asam lemak, dan asam amino.

Wanita sudah dihujani dengan tuntutan untuk membatasi asupan kalori, karbohidrat, lemak, dan protein untuk mendapatkan berat ideal. Meskipun kita tahu ada misteri yang belum terpecahkan. Namun kini ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa asupan mikronutrien sangat penting, bahkan diperlukan dalam proses mencapai berat badan ideal, serta tetap sehat meskipun bertambah tua”.

Lalu, apa itu mikronutrien?, mikronutrien (zat gizi mikro) adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit, namun mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan hormon, aktivitas enzim serta mengatur fungsi sistem imun dan sistem reproduksi. Yang termasuk mikronutrien adalah vitamin (baik yang larut air maupun larut lemak) dan mineral. Nah, ada 7 hal yang menyebabkan Anda kekurangan mikronutrien:
1. Makanan Olahan
Makanan olahan seperti mie instan, sereal, keju, olahan daging, roti, dan banyak lainnya, serta pemanis buatan, dikenal sangat kurang mengandung mikronutrien. Dibuat dengan tujuan untuk memberi kemudahan bagi Anda, makanan olahan kehilangan banyak nutrisi melalui proses pembuatannya yang panjang.

2. Diet dengan Pembatasan Tertentu
Banyak orang melakukan diet tertentu, misalnya tidak makan daging, hanya makan sayur, hanya makan buah, atau lainnya. Sementara mereka tidak menyadari bahwa mereka “membatasi” diri dari makanan yang kaya akan mikronutrien.

3. Makanan dengan Kualitas Rendah
Misalnya, sayur atau daging yang tidak segar, daging yang berasal dari binatang yang tidak sehat, dan lain sebagainya, biasanya rendah nutrisi dan bisa juga mengandung racun.

4. Stres
Stres ternyata dapat mengurangi berbagai mikronutrien, Ladies. Meskipun banyak hal yang menyebabkan stres, namun ada sumber stres yang bisa Anda kendalikan, yaitu apa yang Anda makan.

5. Racun
Racun dapat mengurangi mikronutrien dalam tubuh Anda, dan justru akan menambah jumlah mikronutrien yang diperlukan tubuh Anda. Racun bisa berasal dari mana saja, termasuk makanan, minuman, kebersihan diri, serta berbagai produk kebersihan.

6. Obat-obatan
Obat-obatan tertentu justru berdampak pada kebutuhan mikronutrien pada tubuh Anda lho, Ladies.

7. Gangguan Pencernaan
Meskipun Anda tidak membatasi makanan tertentu, namun jika Anda mengalami gangguan pencernaan, nutrisi tidak akan mampu terserap dengan baik, dan membuat cenderung Anda kekurangan nutrisi. Terlalu banyak mengkonsumsi antibiotik, makanan olahan, alkohol, stres, dan tidak memperhatikan apa yang Anda makan dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan Anda.

Lalu apa yang harus Anda lakukan untuk mencukupi kebutuhan mikronutrien? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda ikuti, Ladies.
1. Makan berbagai jenis makanan sehat, dan membatasi konsumsi makanan olahan.
2. Jangan membatasi diri Anda dengan hanya mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tertentu, atau mengurangi nutrisi tertentu, karena dapat membuat Anda kekurangan nutrisi-nutrisi penting.
3. Batasi diri Anda dari risiko pencemaran racun.
4. Kelola stres yang mungkin Anda alami.
5. Jaga kesehatan pencernaan Anda.

Nah, yuk Ladies, kita ubah gaya hidup dan pola makan kita mulai sekarang. Makanan segar dan sehat tentu jauh lebih baik dan tak kalah nikmat dari makanan olahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here